Lisra / HRD PT. Stella Maris International Education
Jika kamu mau jadi andalan dan memperbesar peluang naik jabatan, kompetensi dan kredibilitas adalah kuncinya. Makanya, penting untuk tahu cara meningkatkan kredibilitas diri.
Menunjukkan kredibilitas diri tidak terbatas pada melakukan pekerjaan dengan baik.
Tetapi, aksi atau sikapmu sehari-hari ketika di kantor juga secara tidak langsung menunjukkan kredibilitasmu.
Nah, di artikel ini StemaHR akan memberi berbagai cara untuk meningkatkan kredibilitas di tempat kerja. Simak selengkapnya, yuk!
1. Bersikap jujur
Salah satu cara yang dapat meningkatkan kredibilitas diri adalah dengan bersikap jujur.
Hal ini karena kredibilitas dibangun dari rasa percaya. Ada pun rasa percaya dibangun oleh kejujuran.
Sehingga, ketika kamu berbohong, hal tersebut akan menurunkan kredibilitas dirimu di mata rekan kerja atau atasan.
Berbohong sekecil apa pun juga dapat membuat kredibilitasmu di kantor berkurang.
Sehingga, selalu tetapkan standar pada diri sendiri untuk mengatakan hal-hal secara jujur. Meski hal ini bisa membuatmu tidak populer, namun kredibilitas dirimu akan meningkat pesat.
2. Tidak bergosip
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kredibilitas diri di tempat kerja adalah dengan tidak bergosip.
Hal ini karena gosip dapat menghancurkan hubungan dan juga karier seseorang termasuk dirimu sendiri.
Jika sering bergosip di tempat kerja, kamu bisa saja membuat perpecahan dalam timmu sendiri. Hal tersebut tentu dapat membuat produktivitas dan kesuksesan tim terancam.
Tidak hanya itu, sering bergosip juga dapat menghancurkan kepercayaan orang lain. Di mana seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hal tersebut adalah fondasi penting kredibilitas.
Jika rekan kerja tahu bahwa kamu sering bergosip, tentunya mereka akan berasumsi bahwa dirimu menggosipkan mereka juga. Sehingga, mereka akan sulit memercayaimu.
Hal tersebut tentu akan merusak kredibilitas kamu di tempat kerja.
3. Memperhatikan apa yang ditulis
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas adalah dengan memperhatikan apa yang ditulis.
Maksudnya, ketika diminta untuk menulis atau mengetik sesuatu, baik itu dokumen, email, hingga surat, pastikan tidak ada kesalahan penulisan di dalamnya.
Ketika menulis, secara tidak langsung kamu mempromosikan dirimu sendiri. Ingatlah bahwa orang-orang akan menilaimu berdasarkan apa yang mereka lihat.
Jika orang-orang di kantor atau klien melihat dokumen yang kamu buat penuh kesalahan penulisan, hal tersebut akan merusak kredibilitasmu.
Di samping itu, mereka pun akan melihatmu sebagai seseorang yang tidak perhatian terhadap detail. Tentu, hal tersebut akan membuat kredibilitasmu di kantor rusak.
4. Berpakaian dengan baik
Menurut Vunela, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kredibilitas adalah dengan berpakaian baik atau profesional ketika di kantor.
Suka tidak suka, orang-orang di sekitarmu akan menilaimu berdasarkan penampilan.
Sehingga dengan berpakaian baik dan profesional, hal ini dapat meningkatkan imej diri.
Hal tersebut secara tidak langsung akan turut meningkatkan kredibilitas dirimu. Meski kamu mungkin belum melakukan apa-apa.
5. Tetap bersikap tenang
Kamu juga bisa meningkatkan kredibilitasmu di tempat kerja dengan tetap bersikap tenang, terutama saat situasi sulit.
Mengutip BioSpace, hal ini karena orang-orang tidak akan menaruh kepercayaan pada seseorang yang paling pertama merasa panik.
Sehingga, ketika sedang mengalami situasi sulit, cobalah untuk tetap tenang. Tanyakan hal-hal ke orang yang bersangkutan dan coba cari solusi terbaik untuk mengatasinya.
Dengan begitu, situasi yang sulit bisa dilewati dan hal tersebut juga dapat membuat kredibilitasmu meningkat.
6. Menepati janji
Cara lainnya yang bisa meningkatkan kredibilitas diri di tempat kerja adalah dengan menepati janji.
Misalkan, kamu sudah berjanji ke klien atau atasan untuk menyelesaikan pekerjaan pada hari Jumat.
Nah, pastikan di hari Jumat itu kamu sudah menyelesaikan pekerjaan dan mengirimkannya ke mereka. Jangan sampai kamu melewatkan deadline yang telah dibuat.
Karena, janji dan seberapa baik kamu menepatinya adalah komponen penting untuk meningkatkan kredibilitasmu di kantor.
Jika kamu ternyata melanggar janji yang telah dibuat, hal ini akan membuat orang lain tidak percaya padamu lagi. Tentu, hal tersebut dapat merusak kredibilitasmu.
Itu adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kredibilitas diri saat di kantor.
Setelah kredibilitasmu meningkat dan terjaga, kamu akan semakin dipercaya dan diandalkan oleh atasan.